Rabu, 01 Juni 2022

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop HP Stream 11

 HP Stream 11 merupakan lini laptop mungil hemat daya keluaran Hewlett-Packard, atau biasa disingkat HP. Sebagai laptop mainstream murah, tak heran jika terkadang laptop ini mengalami sedikit trouble.

Permasalahan yang sering dihadapi di laptop HP Stream 11, terutama keluaran tahun 2014/2015 adalah touchpad yang tidak berfungsi, terlebih-lebih disaat usai menginstal ulang Windows. Pada umumnya touchpad laptop tetap dapat berfungsi meskipun driver belum terinstal atau baru saja melakukan fresh install Windows. Tetapi entah mengapa di laptop ini, touchpad tampak benar-benar mati tak bisa dipakai, bahkan tidak terdeteksi sama sekali di Device Manager. Ada apa gerangan? Siapa biang keroknya?

CATATAN: Perbaikan ini ditujukan untuk laptop HP Stream 11 keluaran tahun 2014/2015 dengan processor Intel Celeron N2480, lebih tepatnya seri HP 11-f103tu. Jika Anda mengalami permasalahan serupa bisa mencoba mengikuti petunjuk berikut.

Intel Serial IO Driver

Biang kerok permasalahan touchpad HP Stream 11-f103tu yang tidak berfungsi adalah absennya driver Intel Serial IO. Sebelum memvonis kerusakan pada hardware touchpad, ada baiknya Anda mencoba menginstal driver tersebut.

Memang dewasa ini pemasangan driver sudah bisa dilakukan secara otomatis melalui Windows Update. Namun tidak semua driver disediakan oleh Windows Update tersebut, termasuk Intel Serial IO Driver ini. Bagaimana cara menginstal Intel Serial IO Driver?

Cara Menginstal Driver Intel Serial IO di HP Stream 11-f103tu

Windows 10 64-bit

Secara default laptop HP 11-f103tu sudah terpasang Windows 10 64 bit, sehingga pemasangan semua driver bisa dilakukan otomatis melalui tools yang disediakan HP. Bahkan, di website resminya sendiri tersedia semua driver khusus HP 11-f103tu dengan sistem operasi Windows 10 64-bit. Bagaimana Cara Menginstal Driver Intel Serial IO di HP Stream 11-f103tu?

  1. Buka situs resmi tempat mengunduh driver laptop HP, kemudian pilih jenis laptop kita dengan memasukkan Serial Number yang tertera di bawah laptop, atau membiarkan system untuk mendeteksi seri laptop secara otomatis.
    Untuk laptop HP 11-f103tu Anda bisa langsung klik tautan berikut ini.
  2. Klik tombol Detect My Driver jika ingin menginstal seluruh driver secara otomatis, namun mengharuskan Anda untuk menginstal tools dari HP yang disediakan terlebih dahulu.
    Atau jika ingin melakukannya secara manual, klik All Drivers, kemudian klik Driver-Chipset. Lalu klik Download di bagian Intel Serial IO Driver.
  3. Selanjutnya klik “No thanks, I will download and install manually” agar driver diunduh secara manual melalui browser.
    Dengan memilih “No thanks, I will download and install manually”, driver akan diunduh melalui browser dan bisa dipasang secara manual

  4. Setelah driver ter-download, buka file yang di-download tadi, klik Next, kemudian pilih “I accept ….”, klik saja Next terus hingga instalasi berjalan.
  5. Restart laptop jika driver sudah terpasang.
  6. Usai driver terinstal, touchpad harusnya langsung berfungsi seperti sedia kala. Setelah menginstal Intel Serial IO Driver ada baiknya menginstal Synaptics Touchpad Driver yang tersedia juga di web resmi driver HP 11-f103tu (berada di menu Driver-Keyboard, Mouse and Input Devices).

Windows 10 32-bit

Ada alasan tertentu mengapa kita mesti hijrah ke Windows 10 versi 32-bit disaat akan menggunakan laptop ini, salah satunya karena Windows 32-bit mengunakan RAM lebih sedikit ketimbang versi 64-bit-nya. Apalagi HP 11-f103tu hanya memiliki RAM sebesar 2 GB saja dan tidak memiliki opsi untuk meng-upgrade-nya.

Sayang seribu sayang, secara resmi HP tidak memberikan dukungan terhadap Windows 10 32-bit untuk laptop seri ini meskipun Windows 10 bisa diinstal di laptop HP 11-f103tu dan berjalan tanpa kendala, sehingga hanya driver 64-bit saja yang tersedia di situs resmi HP. Ada beberapa driver 64-bit tersebut yang bisa dipasang ke Windows 10 versi 32-bit, namun ada sebagiannya juga yang tak kompatibel dengan Windows 32-bit, termasuk driver Intel Serial IO. Lantas, bagaimana solusinya?

Berhubung HP tidak menyediakan driver Intel Serial IO untuk HP Stream 11-f103tu bersistem operasi Windows 10 32-bit, mau tak mau kita mesti mencari driver lain meskipun driver tersebut tidak diperuntukan untuk laptop HP, terutama seri ini. Usai mengubek-ubek penelusuran Mbah Google, akhirnya aku menemukan driver Intel Serial IO versi 32-bitnya. Driver yang diperuntukan untuk Intel NUC bersistem operasi Windows 8.1 32-bit, ternyata bisa dipasang di laptop HP Stream 11-f103tu Windows 10 32-bit. Bagaimana cara memasangnya?

  1. Unduh terlebih dahulu driver Intel Serial IO versi 32-bit pada tautan berikut ini. Pilih versi yang 32-bitnya.
    Jika link tersebut bermasalah, bisa Anda unduh melalui Google Drive yang telah aku sediakan berikut ini.
  2. Kemudian extract file zip tersebut ke folder yang mudah diakses.
  3. Setelah di-extract, buka folder Installer\PlatformInstaller. Lalu klik dua kali file Setup.exe.
  4. Ikuti petunjuk yang ada dengan mengklik terus tombol Next, hingga proses instalasi berjalan. Restart laptop jika semua instalasi telah selesai.
    Proses instalasi driver 32-bit sedang berjalan

  5. Setelah driver terpasang, touchpad akan langsung berfungsi sebagaimana mestinya. Lagi-lagi, ada baiknya menginstal Synaptics Touchpad Driver yang bisa Anda peroleh dari web resmi driver HP 11-f103tu. Meskipun diperuntukan untuk Windows 10 64-bit, tetapi bisa dipasang di Windows 10 versi 32-bit.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial Cara Memperbaiki Touchpad Laptop HP Stream 11 yang tidak berfungsi. Jika cara di atas tetap tidak bisa, coba cek Driver Manager dan pastikan driver touchpad dalam kondisi Enabled. Jika laptop pernah dibongkar, ada baiknya memeriksa kembali sambungan kabel fleksibel yang menghubungkan touchpad dengan motherboard, pastikan tidak ada kabel yang cacat dan tersambung dengan sempurna. Jika masih saja rusak, mungkin hardware touchpad tersebut benar-benar rusak. Ya, mau tidak mau mengandalkan mouse eksternal, atau mengganti touchpad-nya dengan yang baru.

Laptop HP 11-f103tu

Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Posting Komentar

ads
avatar
Admin THE-Mangcoy Online
Welcome to THE-Mangcoy theme