Foto Paling Terkenal Yang Pernah Dijepret

Aktivitas fotografi sudah sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat modern saat ini. Apalagi para produsen smartphone kini berlomba-lomba saling unggul untuk menyematkan kamera yang terbaik. Tak perlu petantang-petenteng kamera yang umumnya berat dan berukuran besar, cukup pakai smartphone  yang selalu kita bawa kemana-mana, sudah sangat mumpuni untuk urusan fotografi sederhana yang berkualitas tinggi.

Namun tahukah Anda, bahwa ada satu jepretan foto yang sangat terkenal, sampai-sampai dipastikan hampir seluruh orang pernah melihat foto tersebut. Foto apakah itu? Coba perhatikan gambar berikut ini.

Bucolic Green Hills a.k.a Windows XP "Bliss", Photographer: Charles O'Rear

Familier dengan gambar tersebut? Pernah liat di suatu tempat? Yaps, jika kalian merupakan seorang pengguna komputer, terutama di era tahun 2000an pasti setidaknya satu kali pernah melihat foto tersebut. Foto tersebut merupakan wallpaper default dari sistem operasi Windows XP, yang mana Windows XP adalah sistem operasi komputer paling populer di era tersebut. Orang-orang menyangka gambar tersebut hanyalah sebuah rekayasa komputer, tetapi kenyataannya gambar tersebut adalah hasil jepretan kamera tanpa sentuhan Photoshop sedikit pun. Bagaimanakah kisah dibalik hasil fotografi yang legendaris tersebut? Mari simak tulisanku berikut ini.

Windows XP dengan Wallpaper Default Bliss


Pemandangan "Bliss" Yang Legendaris

Gambar pemandangan tersebut lebih dikenal dengan nama Bliss, padahal memiliki nama asli Bucolic Green Hills. Mengapa demikian? Karena Microsoft sendiri menamai file wallpaper ini dengan nama Bliss, sehingga kebanyakan orang mengenali gambar tersebut dengan nama Bliss. Cobalah memasukkan kata kunci Windows XP Bliss di kolom pencarian Google, pasti kalian akan menemukan gambar pemandangan rerumputan hijau yang legendaris tersebut.

Pemotretan gambar Bliss ini sebenarnya diawali pada Januari 1996, ketika seorang fotografer berkebangsaan Amerika Serikat yang bernama Charles O'Rear, sedang dalam perjalanan dari Sonoma County, melalui Napa, menuju Marin County. Perjalanan O'Rear ini bertujuan untuk mengunjungi pacarnya. Ketika O'Rear berada di Jalan Raya Sonoma, ia melihat sebuah perbukitan yang tampak lebih hijau dari biasanya dan langit yang cerah dengan sedikit awan menghiasi, ditambah perkebunan anggur yang biasanya memenuhi perbukitan itu sedang ditebang yang dikarenakan oleh serangan hama. Kombinasi kedua kondisi tersebut menciptakan sebuah momen langka bagi O'Rear untuk mengabadikan pemandangan yang sangat indah tersebut. Ia pun kemudian menepikan kendaraannya, dan kemudian menyeting kamera medium-format Mamiya RZ67 dan tripod demi mengabadikan momen yang langka tersebut.

Empat tahun kemudian, tepatnya di tahun 2000 Microsoft sedang gencar-gencarnya melakukan pengembangan sistem operasi mereka selanjutnya, yaitu Windows XP. Tim pengembang Windows XP menginginkan gambar hasil jepretan O'Rear tersebut menjadi wallpaper default-nya sistem operasi yang mereka kembangkan tersebut. Oleh sebab itu, Microsoft tak mau sekedar membayar biaya perizinan untuk menggunakan gambar tersebut, melainkan ingin membeli hak kepemilikan atas gambar tersebut agar tak ada pihak lain yang akan melisensi gambar tersebut mengingat gambar Bliss itu akan menjadi identitas dari Windows XP.

Microsoft Membeli Gambar "Bliss" dengan Harga yang Fantastis

Diketahui Microsoft menghamburkan uang sebanyak lebih dari $100.000 (setara dengan sekitar $152.000 with inflation adjusted in 2021, atau sekitar sebesar Rp2,2 miliar rupiah dengan kurs Rp14.417 per dolar) demi membeli hak kepemilikan foto yang legendaris tersebut. Karena foto tersebut akan berpindah tangan kepemilikannya, Microsoft menginginkan film asli dari gambar tersebut. O'Rear awalnya akan mengirimkan film foto tersebut ke Microsoft, namun para penyedia jasa pengiriman menolak pengiriman tersebut karena tingginya nilai harga barang yang akan dikirimkannya tersebut yang nantinya akan menjadi permasalahan untuk urusan asuransi. Oleh sebab itu, Microsoft membelikan tiket pesawat untuk O'Rear agar beliau membawakan langsung film tersebut untuk Microsoft.

Bukan Rekayasa Komputer

Banyak yang menyangka bahwa foto tersebut hasil rekayasa dari komputer. Nyatanya, foto "Bliss" tidak tersentuh oleh editor foto sedikit pun. Charles O'Rear mengaku apa yang ia lihat pada saat itu sama seperti hasil foto dari kameranya tersebut. Microsoft hanya memberikan sedikit sentuhan dengan sedikit menggelapkan bagian warna hijau di perbukitan. Sisanya? O'Rear's camera do the rest. Warna-warna yang tampak cerah sebenarnya berkat film Fujifilm Velvia yang dikenal dengan hasil gambar yang more saturated. Cuaca yang pas, kondisi tanaman anggur yang sedang ditebang, serta dipadukan dengan kamera dan film yang pas menghasilkan gambar "Bliss" legendaris yang kita kenal hingga saat ini.

Pemandangan Bliss Masa Kini

Seperti yang telah aku sebutkan sebelumnya, lokasi spot pemotretan pemandangan Bliss terletak di pinggir jalan raya di Sonoma County, California, United States. Untuk melihat lokasi tepatnya di Google Maps, Anda bisa mengeklik tautan berikut ini. Versi Google Street View juga bisa diakses pada link berikut ini.

Akibat kepopuleran Windows XP, banyak orang-orang telah mencoba untuk membuat ulang foto Bliss dengan mengambil foto pemandangan bukit tersebut di lokasinya langsung. Salah satunya yang baru-baru ini dilakukan oleh seorang Youtuber berikut ini. Beliau mampu membuat ulang wallpaper Bliss untuk versi tahun 2020-nya.

Dari hasil penelusuranku di internet, spot foto pemandangan Bliss ini secara garis besar tidak banyak perubahan yang signifikan. Hanya saja yang membedakannya adalah perkebunan anggur yang selalu silih berganti tumbuh-panen seiring berjalannya waktu. Terkadang tanaman-tanaman anggur yang menutupi perbukitan, terkadang juga sekedar hamparan rerumputan hijau di perbukitannya.

***

Itulah tadi sedikit cerita mengenai sebuah fotografi yang secara tak sengaja dinobatkan sebagai foto paling terkenal di seluruh dunia. Apakah kamu memiliki kenangan dengan sistem operasi legendaris tersebut? Atau bahkan dengan melihat foto tersebut, bisa membangun memori kenangan-kenangan yang telah dilalui, terutama di era tahun 2000-an? Ayo ceritakan kenanganmu di kolom komentar!


Referensi:

Bliss (image) - Wikipedia

Bliss - Windows Wallpaper Wiki

Windows XP’s wallpaper story — FedEx almost spoilt the deal, by: Deccan Chronicle

Microsoft Creates Short Documentary About Windows XP “Bliss” Wallpaper – Softpedia News

The story of the Windows XP 'Bliss' desktop theme—and what it looks like today - PCWorld

Foto Paling Terkenal Yang Pernah Dijepret Foto Paling Terkenal Yang Pernah Dijepret Reviewed by Muhammad Aldan Ihsan Darmawan on Maret 18, 2021 Rating: 5

3 komentar:

  1. benar2 legend nih foto. Sampe ketawa sendiri waktu ngelihat fotonya, teringat dlu sering ngeliat d komputer dan laptop rumah wkwk

    BalasHapus
  2. Foto yang sangat legend, mememani masa kecilku hahaa

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.