Sabtu, 17 Juli 2021

Casio F-91W: Jam Tangan Paling Ikonik di Seluruh Dunia

Kalau mendengar kata Rolex, pasti yang terkenang di otak kita adalah sebuah brand jam tangan yang mewah nan mahal, yang harganya bisa ratusan juta rupiah, bahkan yang miliaran pun ada. Nah, pada kesempatan ini aku akan membahas sebuah jam tangan yang ikonik dan paling dikenal di seluruh dunia. Bukan jam Rolex yang akan aku bahas karena penulis sendiri tidak memiliki uang yang banyak, melainkan sebuah jam tangan yang murah, simple, dan terkesan biasa saja. Siapakah gerangan?

Casio F-91W + Thinkpad, Sebuah Kombinasi yang Ngetren di Forum Reddit /r/thinkpad 😃

Sambutlah sebuah jam tangan bermerk Casio F-91W. Nothing special, isn't it? Sekedar sebuah jam tangan digital yang desainnya biasa-biasa aja, dan dilengkapi strap yang terbuat dari bahan karet sebagai pengikat jam ke tangan kita. Coba simak spesifikasi yang aku comot dari situs resminya berikut ini.

Features

  • 1/100-second stopwatch
  • Micro-light
  • Square face
  • 7-year battery life

Size of case / Total weight

  • Size of case : 38.2×35.2×8.5mm
  • Total weight : 21g

Specifications

  • Case / bezel material: Resin
  • Resin Band
  • Resin Glass
  • Water Resistant
  • LED light
  • 1/100-second stopwatch
  • Measuring capacity: 59'59.99"
  • Measuring modes: Elapsed time, split time, 1st-2nd place times
  • Daily alarm
  • Hourly time signal
  • Auto-calendar (set at 28 days for February)
  • 12/24-hour format
  • Regular time keeping: Hour, minute, second, pm, date, day
  • Accuracy: ±30 seconds per month
  • Approx. battery life: 7 years on CR2016

Apa yang bisa Anda peroleh dari spesifikasi di atas? Tidak ada? Sekedar jam biasa-biasa saja yang, kinda, doing its job? Jikalau itulah yang Anda pikirkan, maka benarlah itu adanya. Tak ada yang spesial dari jam tangan ini, terutama kalau dilihat dari fitur-fitur dan spesifikasinya. Namun mengapa Casio F-91W layak disebut sebagai jam yang paling ikonik nan terkenal di seluruh dunia? Sampai-sampai jam tangan ini memiliki halaman Wikipedianya tersendiri. Ada apa gerangan? Simak tulisanku berikut ini.

Casio F-91W: Sederhana, Namun Legendaris

Seperti yang aku katakan sebelumnya, spesifikasi dan fitur dari jam ini tergolong biasa saja. Bahkan, menurutku masih banyak jam tangan KW/tak bermerek yang dijual tak sampai 50 ribuan yang memiliki fitur dan desain yang lebih bagus dari si mungil Casio ini. Namun, bukan fitur yang jadi nilai jual dari jam tangan ini, melainkan its simplicity.

Dirilis pada tahun 1989 silam, Casio F-91W diperuntukan untuk mengisi segmen jam tangan kelas murah pada waktu itu. Bentuknya yang sederhana, mungil, ringan, serta harga yang murah sehingga sangat cocok digunakan ketika melakukan segala macam aktivitas, mulai dari kegiatan sehari-hari hingga aktivitas berat sekalipun. Mungkin mengenakan jam tangan mekanikal berharga jutaan rupiah, rasanya tak tega saja jika kita tetap menggunakannya disaat kita berolahraga maupun melakukan pekerjaan yang berat. Namun dengan adanya Casio F-91W ini, kita tetap dapat menyelesaikan pekerjaan yang berat tersebut tanpa khawatir akan terlewat waktu Kalaupun rusak? Bisa beli lagi. Harganya juga toh tergolong murah. Bahkan, di dunia maya, orang-orang pada menganggap Casio F-91W ini sebagai single use wristwatch, alias jam tangan sekali pakai karena harganya yang sangat murah tersebut.

Semurah apa sih jam tangan ini? Menurut beberapa e-commerce, jam ini dihargai sekitar $10–$20 untuk pasar internasional, atau sekitar Rp150.000–Rp200.000 di pasar daring Indonesia. Uang yang "lumayan" besar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tetapi untuk ukuran para rakyat penghuni negara maju di dunia barat sana, $10–$20 bisa jadi sekedar uang jajan mereka sehari-hari. Walaupun dihargai yang relatif murah, kualitas jam tangan ini tidak bisa dianggap remeh. Finishing yang rapi, sehingga tak terlihat ini adalah jam yang mone of most populaurahan. Selain itu Casio F-91W dilengkapi dengan Water Resistant, sehingga jam ini bisa bertahan dari percikan air, tersiram air hujan, bahkan ketika tercemplung di air kedalaman <5 meter (sesuai buku panduan) secara tidak sengaja.

"It's built like a tank!", itulah reaksi dari beberapa pengguna Casio F-91W ini. Bahkan sebagian pengguna pun menganggap ini layaknya sebuah lini G-Shock versi murahnya. Awet, tahan banting, menolak untuk rusak walaupun dihadapkan di lingkungan yang ekstrim sekalipun. Video di YouTube ini contohnya, si YouTuber mencoba membekukan jam ini ke dalam air, merebusnya, melempar jam ini beberapa meter ke langit, bahkan melindasnya dengan mobil. Hasilnya? You've guessed it, it's still alive! Harga yang relatif murah, namun kualitas produk yang tidak murahan.

Dari Pejabat Negara Hingga Teroris!

Jam tangan yang notabene paling banyak penggunanya ini, ternyata menjadi favorit bagi orang-orang hebat, loh. Salah satunya pernah dipakai oleh Barack Obama, Presiden Amerika Serikat ke-44. Di blog berikut ini pun menunjukkan siapa-siapa saja orang-orang yang berpengaruh yang mengenakan jam tangan merk Casio, salah satunya Casio F-91W.

Sebuah Foto Yang Membuktikan Jam Tangan Casio F-91W Yang Dipakai Oleh Barack Obama 

Selain dipakai oleh orang-orang yang berpengaruh, ternyata Casio F-91W menjadi jam tangan favoritnya para teroris, loh! Salah satunya para teroris al-Qaeda. Mereka menggunakan jam ini sebagai timer untuk detonator bom rakitan mereka. Selain digunakan untuk rangkaian bom, jam ini pun menjadi jam tangan favorit bagi anggota teroris al-Qaeda tersebut. Bahkan, ada sebuah foto Osama bin Laden, pemimpin al-Qaeda, sedang mengenakan jam tangan tersebut.

Rangkaian Detonator Bom Milik Teroris al-Qaeda, dengan Casio F-91W Sebagai Timernya.

Menurut pengakuan beberapa netizen, mereka yang dulunya pernah mengikuti kamp militer memiliki memori tersendiri dengan jam tangan ini. Hal ini dikarenakan mereka diberikan/diwajibkan membeli jam tangan ini ketika mereka sedang bertugas/latihan. Apa alasannya? Ya karena harganya murah dan durable.

Timeless Design

Walaupun dirilis pada tahun 1989 silam, Casio F-91W tetap menjadi jam tangan kesukaan bagi kebanyakan orang. Bentuknya yang simpel, ringan, murah, dan juga awet, sehingga sangat cocok bagi orang-orang yang memerlukan jam tangan untuk segala macam kegiatan. Sudah 32 tahun jam tangan ini beredar di pasaran, namun desain dan fiturnya tak ada yang berubah sedikitpun hingga saat ini sehingga tetap mempertahankan nilai klasikal dari jam ini. Such a timeless design. Oleh sebab itulah Casio mencatat jumlah produksinya mencapai 3 juta jam tangan setiap tahunnya.

It's Not a Perfect Watch

Tak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk jam tangan Casio F-91W. Walaupun jam ini pilihan bagi kebanyakan orang, namun memiliki kekurangan-kekurangan.

Kekurangan yang paling mencolok adalah lampu penerangan yang terkesan seadanya. Umumnya, jam tangan digital dilengkapi lampu backlit penerangan agar kita tetap dapat melihat waktu di kondisi yang gelap, dan penerangan tersebut akan menerangi seluruh layar jam. Berbeda dengan Casio F-91W. Lampu yang disediakan hanyalah sebuah LED kecil di sebelah kiri yang terkesan seadanya. Bagi orang awam, pasti akan mengira jam ini sudah rusak. Padahal desainnya memang sudah begitu, bahkan sejak ketika jam ini dirilis.

Lampu Backlit Layar yang Terkesan "seadanya"

Kekurangan yang kedua ialah ukurannya yang sangat mungil. Jam tangan ini sendiri memiliki ukuran case sebesar 38.2×35.2×8.5mm. Kalau orang-orang yang tidak mengerti, pasti akan mengira jam tangan ini didesain untuk wanita, atau bahkan sebuah jam tangan untuk anak-anak. Padahal, yang namanya jam tangan pria tak melulu selalu berukuran super gede yang tinggi casenya sendiri hingga menjulang ke atas. Jam tangan kecil seperti ini, ditambah berat yang ringan akan sangat nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Saking ringannya, mungkin kita bakal merasa lupa jika sedang mengenakan jam tangan, karena jam ini telah menyatu dengan lengan kita. Namun, ukuran sekecil ini rasanya akan terlihat lucu apabila Anda memiliki ukuran lengan yang besar. Balik-balik ke selera.

Casio F-91W vs Logam 500 Rupiah. Cukup mungil, ya.


Conclusion

Dari seabrek kekurangan yang dimilikinya, Casio F-91W tetap menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Entah sekedar untuk alasan nostalgia, atau memang suka dengan hal kesimpelan yang ditawarkannya. Casio tetap mempertahankan desain ini untuk mempertahankan sisi orisinalitasnya.


Aku sendiri membeli jam tangan ini karena rasa penasaranku terhadap jam legendaris ini. Kebetulan memang aku sedang memerlukan sebuah jam tangan untuk kegiatan sehari-hari dan tidak memiliki uang yang banyak. Aku membelinya di toko oren, yang bisa Anda akses dengan mengklik tautan berikut ini. Harganya? Sekitar 150 ribuan. Cukup terjangkau di kantong, dengan kualitas orisinil dari Casio. Casio F-91W ini sendiri sebenarnya banyak varian-varian lainnya, seperti Casio A158W misalnya yang merupakan F-91W versi band logamnya, sehingga tampil lebih stylish.

Casio telah berhasil menciptakan sebuah jam tangan yang tetap dikenang oleh masyarakat, bahkan untuk 32 tahun lamanya. Bukan fitur-fitur yang dibanggakannya, bukan pula kehebatan yang dimilikinya, ataupun harganya yang selangit. Namun yang dikenang orang hanyalah kesimpelannya yang dimilikinya, sehingga memiliki karakter tersendiri yang tetap di hati oleh pengguna setianya.

"No need to be Superman if you want to be a hero. Just be yourself.", Mangcoy 2021

bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

2 comments

ads
avatar
Admin THE-Mangcoy Online
Welcome to THE-Mangcoy theme