Minggu, 12 September 2021

Cara Mengambil Screenshot di Laptop

 Cara Mengambil Screenshot di Laptop - Cara SS di Laptop - Mengambil screenshot/tangkapan layar di laptop tentu sangat diperlukan. Entah untuk menyematkan tampilan aplikasi di ketikan/tugas kita, atau sekedar berbagi tampilan layar dengan orang lain. Sebagian user merasa kebingungan bagaimana cara mengambil screenshot di laptop. Karena ketidaktahuan ini lah tak jarang orang-orang menscreenshot layar laptopnya dengan cara tradisional, alias memfoto layar dengan hp, which is metode ini sangat tidak profesional dan akan menghasilkan gambar yang tidak jelas.


Nah pada kali ini aku akan memberikan sebuah tutorial singkat cara mengambil screenshot di laptop, atau istilah bekennya Cara SS di Laptop. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak tulisanku berikut ini.

Menekan Tombol 'PrtSc' 

Pernah bertanya-tanya apa sih fungsi tombol ini di keyboard? Nah, bagi yang belum tahu inilah fungsi tombol keyboard tersebut, untuk mengambil screenshot di komputer desktop dan PC. Bagaimana cara kerjanya? Cukup tekan tombol PrtSc yang ada di keyboard maka tangkapan layar pun berhasil diambil.

Lalu dimanakah gambar tersebut? Untuk pengguna Linux Ubuntu misalnya, gambar tersebut bisa Anda temukan di folder Pictures (/home/NamaUser/Pictures). Sedangkan di sistem operasi Windows, tangkapan layar kita tersebut masih tersimpan di Clipboard.

Apa sih Clipboard itu? Ketika Anda akan mencopy sebuah teks/gambar, sebelum menekan paste/Ctrl+V, maka data kita tersebut akan disimpan di dalam clipboard. Oleh sebab itu, untuk mengakses tangkapan layar yang telah kita ambil cukup menekan Ctrl+V/Paste di aplikasi tujuan dimana kita ingin menyematkan screenshot tersebut.

Seletah menekan tombol PrtSc, gambar screenshot bisa diakses dengan mengklik Paste/Ctrl+V di tempat yang dituju

Menekan Tombol Windows + Shift + S

Windows 10 memiliki fitur yang bernama Snip & Sketch, yang salah satu fungsinya untuk mengambil screenshot di laptop. Apa bedanya dengan sekedar menekan tombol PrtSc? Dengan bantuan Snip & Sketch, Anda bisa lebih fleksibel memilih bagian layar mana yang ingin di tangkap, dibandingkan dengan PrtSc yang mengambil screenshot secara keseluruhan.

Cara pengaktifannya juga sangat mudah, cukup menekan tombol kombinasi Windows + Shift + S. Setelah itu akan disuguhkan empat pilihan bagaimana layar kita akan diambil. Rectangle Snip digunakan untuk mengambil sebagian layar dengan bentuk persegi empat, Freeform Snip jika ingin mengambil sebagian screenshot dengan bentuk yang bebas, Window akan mengambil screenshot pada salah satu tampilan aplikasi yang terbuka, dan Fullscreen mengambil screenshot secara keseluruhan.

Empat pilihan metode screenshot. 1. Rectangle Snip, 2. Freeform Snip, 3. Window, 4. Fullscreen

Setelah memilih salah satu metode, dengan metode Rectangle Snip misalnya, maka langsung saja memilih bagian layar yang mana yang ingin kita ambil.


Lalu dimanakah gambarnya? Sama seperti menekan "PrtSc" tadi, hasil tangkapan layar tersimpan di Clipboard. Cukup menekan Paste/Ctrl + V di aplikasi yang diinginkan.

***

Demikianlah tutorial Cara Mengambil Screenshot di Laptop / Cara SS di Laptop kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar

ads
avatar
Admin THE-Mangcoy Online
Welcome to THE-Mangcoy theme