Sabtu, 04 Desember 2021

Memilih Kapasitas RAM yang Tepat Untuk Komputer: Edisi Tahun 2021

Disaat kita akan memilih calon komputer desktop ataupun laptop, pasti akan terpampang ukuran RAM/memori di daftar spesifikasi PC tersebut. Bagi yang awam di dunia perkomputeran, ukuran RAM tidak terlalu dipikirkan selagi komputer dapat berjalan dengan normal, bukan? Padahal, ada baiknya ukuran kapasitas memori PC disesuaikan dengan pekerjaan kita nantinya. RAM yang terlalu kecil dari yang dibutuhkan akan menghasilkan performa komputer ataupun laptop yang tidak maksimal. Sedangkan jika kapasitas memori terlalu besar sebenarnya tidak akan mempengaruhi performa PC, namun akan mempengaruhi keuangan Anda, karena harga RAM kapasitas bisa sangat mahal :P. Oleh karena itu, sesuaikan kapasitas RAM yang diperlukan untuk menunjang kebutuhan kerja kita nantinya.

Pada tulisan kali ini aku membuat sebuah pedoman memilih kapasitas RAM yang diperlukan untuk komputer maupun laptop Anda. Tulisan ini aku tulis di tahun 2021, sehingga bisa jadi pedoman ini tak lagi relevan di masa yang akan datang mengingat kebutuhan memori komputer kian hari cenderung meningkat. Tulisan ini berlaku buat pengguna PC Windows, Linux, maupun Mac. ... Simak tulisanku berikut ini.

Lebih dari 32 GB

Untuk perspektif tahun 2021, komputer yang memiliki RAM lebih dari 32 GB termasuk sangat besar. Untuk penggunaan sehari-hari, mengetik dan browsing internet misalnya, kapasitas memori diatas 32 GB tergolong overkill. Tetapi ada beberapa kasus RAM sebesar ini diperlukan oleh penggunanya.

Jika Anda banyak bermain dengan virtual machine, apalagi VM tersebut mesti berjalan sekaligus, maka RAM yang besar wajib diperlukan. Atau jika Anda seorang editor foto/video kelas berat dengan beberapa aplikasi editing perlu dibuka sekaligus, RAM yang ekstra besar diperlukan untuk menunjang aktivitas tersebut.

32 GB

Jika Anda seorang gamer, RAM berukuran 32 GB sangat mencukupi untuk kebutuhan gaming Anda. Sampai saat ini belum ada game yang memerlukan system requirements RAM lebih dari 32 GB. Aku yakin sampai 5-7 tahun ke depan, RAM 32 GB masih mumpuni untuk menunjang kebutuhan gaming Anda dengan lancar. Bagaimana jika kebutuhannya untuk bermain game dan streaming? Kurasa aplikasi streaming semacam tak memberatkan RAM, melainkan memerlukan kemampuan multitasking pada prosesor.

Untuk urusan konten kreator, RAM 32 GB cukup mumpuni untuk menujang aktivitas editing foto resolusi tinggi ataupun video 4K. Namun jika Anda seorang editor profesional, yang hasil editannya banyak layer-layer yang menumpuk dengan footage yang beresolusi ekstra tinggi, ada baiknya pertimbangkan kapasitas RAM yang lebih besar.

16 GB

Jika Anda berencana merakit PC di tahun ini, RAM 16 GB menjadi sweet spot bagi Anda. Disamping harganya yang tergolong terjangkau, RAM 16 GB sudah cukup memenuhi sebagian besar kebutuhan komputasi Anda. Dalam PC Gaming pun ada baiknya memasangkannya dengan memori sebesar 16 GB demi kelancarannya dalam bermain game, serta future proofing.

Untuk kebutuhan programming-pun RAM 16 GB merupakan ukuran yang ideal. Android Studio yang berjalan di laptop, dengan virtual device tempat melihat hasil kerja kita, serta Google Chrome tempat kita menyontek di Stackoverflow dengan tab-tab yang bejibun, RAM 16 GB masih sanggup meladeni kebutuhan tersebut tanpa mengurangi kinerja komputer.

8 GB

RAM 8 GB sudah cukup untuk casual user. Mengetik sembari membuka browser dapat ditampung oleh RAM 8 GB tanpa memberatkan swap memory yang dapat membuat komputer menjadi lelet. Jika Anda akan berbelanja laptop baru, ada baiknya mencari laptop yang disenjatai dengan RAM 8 GB atau mengupgradenya menjadi 8 GB.

Kebutuhan gaming ringan masih dapat dipenuhi dengan RAM 8 GB. Tetapi ada baiknya menutup aplikasi-aplikasi lain agar memberikan ruang kosong di memori untuk game yang sedang Anda mainkan.

4 GB

Di tahun 2021 ini, RAM 4 GB merupakan ukuran bare minimum untuk komputer Anda. Kebutuhan memori yang semakin kompleks, apalagi Google Chrome dikenal dengan rakusnya memori, RAM 4 GB dengan mudahnya terpenuhi oleh aplikasi tersebut. Laptop-laptop entry level kini pun minimal telah dilengkapi RAM sebesar 4 GB.

RAM 4 GB biasanya menjadi ukuran maksimal yang didukung oleh kebanyakan laptop-laptop lawas generasi DDR2 atau yang berprosesor Intel Core 2 Duo. Paling tidak ini menjadi angin segar bagi pengguna laptop lawas bahwasanya laptop yang telah berumur lebih dari satu dekade tersebut masih bisa dipakai untuk kebutuhan komputasi era saat ini. Still usable, but you can't go crazy with it.

2 GB

Meskipun komputer/laptop baru kini minimal memiliki RAM 4 GB, tetapi masih sering aku temui pengguna PC yang perangkatnya masih memiliki RAM 2 GB. Biasanya sering ditemui di perangkat-perangkat lawas, yang usernya enggan upgrade ke memori yang lebih besar karena perangkatnya "masih" dapat digunakan.

Komputer dengan RAM 2 GB tidak serta-merta membuat perangkat tersebut menjadi unusable, tetapi dalam segi kelancaran Anda bakal sering mengalami hang. Bayangkan saja, Windows 10  fresh install yang kosong-melompong memakan memori kurang-lebih 1 GB. Itu artinya Anda hanya memiliki sisa 1 GB saja untuk aplikasi-aplikasi lain yang nantinya akan Anda buka. Apa jadinya jika aplikasi-aplikasi tersebut memerlukan memori lebih dari yang terpasang di perangkat? Sistem operasi akan mengalokasikan kebutuhan memori tersebut ke swap memory, alias memanfaatkan hard disk/SSD menjadi memori sementara. Kecepatan baca-tulis hard disk maupun SSD yang jauh lebih lambat dari RAM akan berdampak ke performa komputer jika swap memory yang digunakan semakin besar. Itulah mengapa komputer kita sering mengalami "Not Responding".

Bagaimana jika memang kita terpaksa menggunakan RAM sebesar 2 GB? Ada baiknya menginstal sistem operasi 32-bit, karena OS 32-bit lebih sedikit penggunaan RAM ketimbang versi 64-bit-nya. Solusi lainnya adalah dengan mengupgrade hard disk menjadi SSD. Hal tersebut bertujuan agar swap memory ditempatkan di SSD yang memiliki kecepatan baca-tulis yang super cepat, sehingga memberikan sedikit boost performa untuk perangkat kita. 

≤ 1 GB

RAM sebesar 1 GB atau kurang, biasanya ditemui di laptop/komputer lama keluaran 2009 ke bawah. Satu dekade yang lalu, RAM sebesar 1 GB ini memang sudah cukup memadai untuk menjalankan Windows XP dan aplikasi-aplikasi lainnya. Namun untuk penggunaan sekarang, RAM 1 GB atau bahkan kurang bakal menjadi completely unusable.

Memiliki kapasitas RAM ≤1 GB hanya cocok jika Anda ingin mempunyai komputer berkonsep retro PC. Dengan sistem operasi jadul, disertai dengan aplikasi-aplikasi jadul lainnya, Anda tak perlu mengupgrade RAM komputer Anda karena RAM 1 GB sudah cukup memadai. Kalaupun mau sedikit modern, bolehlah nyobain distro-distro Linux ringan yang penggunaan RAMnya yang sedikit. Or even better, upgrade RAMnya saja!

Conclusion

Ukuran kapasitas RAM tidak selalu menjadi indikator mutlak untuk mengetahui apakah PC tersebut tergolong PC kencang ataupun lambat. Namun, ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan kita, jangan sampai kapasitas RAM tersebut tidak mencukupi aplikasi-aplikasi yang akan kita gunakan. Selain kapasitas RAM, kecepatan frekuensi RAM dan single channel vs dual channel juga mempengaruhi performa komputer.

Ukuran RAM yang tertulis di informasi sistem.

Demikianlah tulisan mengenai Memilih Kapasitas RAM yang Tepat Untuk Komputer/Laptop: Edisi 2021. Apakah Anda menggunakan komputer ataupun laptop dalam menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari? Aplikasi apa saja yang biasa Anda pakai di perangkatmu? Berapa ukuran kapasitas yang terpasang di laptop Anda? Coba ceritakan di kolom komentar!

bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

2 comments

  1. Laptop ku saat ini 2GB. Sudah lumayan berat. Padahal, "cuma" buat ngetik doang dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ngetiknya sambil youtubean di Google Chrome ya bakal berat jg om :p

      Hapus
ads
avatar
Admin THE-Mangcoy Online
Welcome to THE-Mangcoy theme