Minggu, 09 Juni 2024

Cara Menginstal Windows 11 Di Komputer Lawas

Windows 11 merupakan sistem operasi yang paling mutakhir dirilis oleh Microsoft. Dirilis pada 2021 silam, Windows 11 hadir untuk menggantikan sistem operasi sebelumnya, yaitu Windows 10, yang telah eksis selama enam tahun disaat Windows 11 ini dirilis. Hanya saja, tak semua pemilik PC bisa menikmati sistem operasi keluaran terbaru tersebut dikarenakan Microsoft memberikan batas minimal hardware, terutama komputer-komputer keluaran 2018 ke bawah. Belum lagi Windows 10 akan menemui "ajal"-nya di tahun 2025 yang akan datang. Oleh sebab itu, adanya batasan minimum hardware seolah-olah pengguna komputer lawas yang semestinya 100% perfectly working tak ada pilihan untuk tetap stay di Windows 10 yang umurnya kurang lebih tinggal satu tahun lagi, atau beralih ke perangkat yang lebih baru. Benar-benar mimpi buruk bagi pengguna PC lawas.


Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi tutorial Cara Menginstal Windows 11 di Komputer Lawas. Memang sih, kalau kita mencoba menginstalnya upgrade via Windows Update ataupun booting langsung menggunakan installer resmi akan keluar notifikasi semacam "Perangkat ini tidak memenuhi syarat minimal Windows 11". Hanya saja, pembatasan tersebut hanya ditegaskan via software, yang mana software reinforcement seperti ini bisa diakali dengan mudah. Dari segi hardware? Harusnya mayoritas unsupported PC modern bisa-bisa saja running Windows 11, terutama jika selama ini aman dan lancar menggunakan Windows 10. Bahkan pernah ada yang menyatakan "Windows 11 itu sebenarnya Windows 10 yang pakai skin".
Sebuah peringatan dari Microsoft jika komputer kita tak mendukung Windows 11

Lantas bagaimana cara mengakali minimum system requirements ini? Yaitu bisa menggunakan aplikasi bernama Rufus. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak tulisanku berikut ini.

Cara Menginstal Windows 11 di Komputer Lawas

  1. Persiapkan Flashdisk

    Siapkan flashdisk berukuran minimal 8GB. Pastikan backup data yang ada di flashdisk karena nantinya flashdisk ini akan di-format. Colokkan flashdisk tersebut di PC yang kita gunakan untuk membuat installer.

  2. Persiapkan Rufus dan ISO Installer Windows 11

    Persiapkan aplikasi Rufus yang akan kita gunakan untuk membuat installer Windows 11 ke flashdisk kita. Anda bisa mengunduhnya dengan mengklik tautan berikut ini. Cukup pilih versi portable-nya saja (yang ujungnya ada huruf 'p') agar tak perlu repot instal-instal aplikasi ke PC.

    Halaman unduh Rufus. Pilih yang versi portable-nya saja.

    Selain Rufus, kita juga membutuhkan ISO Installer Windows 11 yang bisa diunduh di situs resminya Microsoft. Dengan mengunduhnya langsung dari situs resminya Microsoft, kita bakal terhindar dari malware-malware jahat yang disusupi di installer ISO yang non resmi. Pastikan punya bandwidth serta kuota yang cukup mengingat installer Windows ini lumayan besar (kisaran 4GB).

    Tampilan halaman unduh Windows 11 di situs resmi Microsoft

  3. Buat installer Windows 11 menggunakan Rufus

    Jika semua persiapan sudah lengkap kita bisa memulai eksekusi membuat installer Windows 11 menggunakan Rufus. Pertama, buka dulu aplikasi Rufus-nya. Kedua, pilih drive flashdisk yang akan digunakan sebagai installer di bagian Device. Ketiga, pilih file ISO Windows 11 yang sudah diunduh tadi dengan mengklik tombol "SELECT" di bagian Boot Selection. Keempat, leave it as is, don't touch anything unless you know what you do.

    Jika semuanya sudah Anda bisa klik tombol START. Setelah itu akan muncul dialog "Windows User Experience". Pastikan "Remove requirement for 4GB+ RAM, Secure Boot and TPM 2.0" dicentang, karena opsi inilah yang bakal mem-bypass minimum requirement Windows 11.

    Apabila semuanya dirasa oke, tinggal klik OK. Tunggu beberapa menit hingga proses pembuatan installer selesai.

  4. Booting Installer ke PC Tujuan dan Lakukan Instalasi Windows 11

    Jika pembuatan installer selesai, Anda bisa langsung melakukan instal ulang seperti biasa, yaitu dengan melakukan booting ke flashdisk installer yang baru saja dibuat di PC yang akan diinstal Windows 11. Pastikan di BIOS pengaturan booting-nya menggunakan mode UEFI mengingat installer yang kita buat tadi menggunakan skema GPT (Lihat di bagian Partition Scheme di aplikasi Rufus).

    Apakah bisa diinstal di komputer lawas yang belum mendukung sistem booting UEFI? Mungkin bisa saja dengan memilih Partition Scheme MBR. Hanya saja, aku sendiri belum mencoba menginstalnya di komputer bersistem Legacy Booting. Jika Anda ingin mencobanya silakan pilih MBR di bagian Partition Scheme.

    Jika tampilan installer Windows 11 sudah muncul Anda bisa melakukan instalasi Windows seperti biasa. Tunggu hingga prosesnya selesai dan voilĂ ! now you are officially Windows 11 user. 

Tingkat keberhasilan dari tutorial ini boleh jadi pure luck based on your own hardware. Seharusnya mayoritas perangkat modern yang unsupported mampu menjalankan Windows 11 tanpa kendala, terutama untuk PC keluaran 2011 ke atas. Masalah driver pun masih bisa di-handle oleh Windows 11 ataupun menggunakan driver yang diperuntukan Windows 10, mengingat tak banyak ubahan di bagian under the hood antara Windows 10 dan 11. Aku sendiri pun berhasil menginstall Windows 11 di Lenovo ThinkPad X220 kesayanganku, yang mana semuanya bisa berjalan tanpa kendala. Masalah lisensinya pun Windows 11 dapat menggunakan lisensi Windows 10.

Windows 11 berhasil terpasang di ThinkPad X220 (Laptop keluaran tahun 2012)

Hanya saja, cara ini agak kurang direkomendasikan jika masalah kompatibilitas dan stabilitas sistem menjadi prioritas utama. Boleh jadi untuk saat ini komputer berjalan normal-normal saja. Kedepannya? Kita tidak tahu langkah apa yang diambil Microsoft demi mematikan komputer-komputer usang ini. Oleh sebab itu, ada baiknya tak menggunakan set up seperti ini untuk production usage dan semua resiko ditanggung sendiri.

Demikian tulisan tentang Cara Menginstal Windows 11 di Komputer Lawas. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua!

Posting Komentar

ads
avatar
Admin THE-Mangcoy Online
Welcome to THE-Mangcoy theme