Cara Mengatasi Touchpad Tidak Bisa Klik di Kubuntu 18.04

Cara Mengatasi Touchpad Tidak Bisa Klik di Kubuntu 18.04

Sebenarnya kejadian ini aku alami ketika aku usai menginstal OS Kubuntu 18.04 di laptop kentang milik temanku (Lihat reviewnya disini, Review Acer Aspire One ZG5). Terjadi keanehan ketika aku mau klik-klik dengan tapping dengan touchpad, yang mana sistem tidak merespon klik yang aku berikan. Awalnya aku menduga apakah ini disebabkan oleh driver touchpad yang tidak didukung oleh Kubuntu, mengingat laptop yang aku install ini adalah laptop dari zaman purba (sebuah perumpamaan sangat lebay, yang tak patut dicontoh).

Setelah browsing kesana kemari, menyelancari dunia internet, akhirnya aku menemukan sefruit solusi yang simpel nan efektif dalam memecahkan permasalahan yang aku hadapi. Permasalahannya adalah ada beberapa konfigurasi bawakan Kubuntu yang mungkin menonaktifkan fitur tap to click tersebut. Bagaimana cara mengatasi touchpad tidak bisa klik di Kubuntu 18.04 ini? Silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Application Launcher, kemudian cari Konsole Terminal. Jika sudah ketemu, silahkan klik aplikasi tersebut untuk membuka Terminal.


  2. Masukkan kode berikut ke Konsole Terminal, kemudian tekan Enter. Masukkan password akun Kubuntu anda apabila diminta.
    sudo nano /usr/share/X11/xorg.conf.d/40-libinput.conf
  3. Setelah text editor terbuka, cari bagian yang mengatur tentang touchpad, atau cari kumpulan teks yang kurang lebih seperti berikut.
    Section "InputClass"
           Identifier "libinput touchpad catchall"
           MatchIsTouchpad "on"
           MatchDevicePath "/dev/input/event*"
           Driver "libinput"
    EndSection
  4. Tambahkan kode Option "Tapping" "True" di bawah MatchIsTouchpad "on", sehingga hasil akhir kodenya menjadi sebagai berikut.
    Section "InputClass"
           Identifier "libinput touchpad catchall"
           MatchIsTouchpad "on"
           Option "Tapping" "True"
           MatchDevicePath "/dev/input/event*"
           Driver "libinput"
    EndSection

  5. Jika selesai, tekan Ctrl+X untuk keluar dari text editor, kemudian Anda akan ditanyakan apakah Anda ingin menyimpan file atau tidak. Jika demikian, tekan Y untuk menyimpan file.


  6. Restart laptop Anda, kemudian silahkan lihat perubahannya.

Inti dari langkah-langkah yang aku jabarkan diatas adalah Anda harus mengedit file konfigurasi Xorg, yang mana file tersebut terletak di /usr/share/X11/xorg.conf.d/40-libinput.conf. Teks editor yang aku gunakan adalah text editor command line yang bernama Nano. Ya sebenarnya text editor apapun bisa digunakan, dengan catatan editor tersebut harus berjalan dengan sudo alias di root level. Setelah mengubah konfigurasi diatas, fungsi tap to click-nya sudah normal kembali, layaknya laptop normal lainnya.

Demikianlah tutorial singkat pada kali ini, semoga bermanfaat. Have a nice day!

Cara Mengatasi Touchpad Tidak Bisa Klik di Kubuntu 18.04 Cara Mengatasi Touchpad Tidak Bisa Klik di Kubuntu 18.04 Reviewed by Muhammad Aldan Ihsan Darmawan on Oktober 21, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.