Minggu, 02 Oktober 2022

5 Alasan Mengapa Harus Memiliki Blog

Dalam keseharian kita di dunia internet, kita pasti mengenal dengan yang namanya blog. Ada blog yang kecil-kecilan (biasa disebut microblog) seperti Tumblr, Twitter, maupun blog konvensional seperti yang sedang Anda baca ini. Blog terletak di jaringan World Wide Web yang biasanya berisi informasi-informasi dari berbagai macam penulis, baik penulis perorangan maupun komunitas kecil-kecilan.

Kalau dipikir-pikir, apa sih untungnya punya blog? Kenapa orang-orang mau sekali merepotkan diri hanya untuk menulis tulisan yang entah siapa pembacanya nanti. Jangankan mau nulis blog, disuruh mengarang tulisan saat pelajaran Bahasa Indonesia saja pada ogah-ogahan. Ayo ngaku siapa yang begitu?

Ilustrasi Ngeblog
5 Alasan Mengapa Harus Memiliki Blog

Taukah kalian, kegiatan menulis blog sebenarnya bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, meskipun kita mesti menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mengeluarkan seuprit tulisan dari pemikiran kita. Karena kegiatan blogging yang menyenangkan ini, sehingga tak heran banyak orang-orang yang gemar sekali mendedikasikan dirinya sebagai blogger, bahkan komunitas blogger pun bisa Anda temukan dengan mudah. Apa sih benefit memiliki blog? Mengapa kita harus memiliki blog sendiri? Ayo simak 5 Alasan Mengapa Harus Memiliki Blog.

Menjadi Sarana Tempat Curhat

Siapa disini kalau lagi dilanda kegundahan hati, langsung curhat ke besties-nya? Nah, bagi yang sering mengeluhkan tidak ada tempat curhat, di laman blog bisa menjadi tempat curhat yang terbaik. Tak perlu berpayah-payah menunggu sahabat kita untuk free, cukup buka laman editor blogger kita, blog siap ditulis dalam waktu 24 jam 7 hari, alias always free.

Nanti siapa pembacanya? Percaya tak percaya, jutaan pengguna internet siap menjadi pembaca tulisan Anda. Memang di awal-awal ngeblog, blog kita terkesan sepi pengunjung. Namun jika kita semakin gencar mempromosikan blog kita, dibarengi dengan ikut komunitas-komunitas blogger, lama-kelamaan akan ramai juga. Berkunjung dan meninggalkan komentar di blog orang lain (istilah ini disebut dengan Blog Walking) juga dapat memancing pengunjung-pengunjung baru.

Menuangkan Ide-Ide Pemikiran

Pernah gak sih kalian punya ide terhadap sesuatu, tapi rasanya kepingin banget speak up tentang ide tersebut? Nah, dengan blog kita bisa membeberkan segala macam ide-ide pemikiran kita sampai sedetail mungkin, dengan panjang tulisan yang tak ada batas. Apapun itu idenya, baik itu opini, pemikiran terhadap suatu hal, ataupun ingin ngejulitin masalah sosial di masyarakat. Siapa tahu, dengan adanya ide Anda yang berupa tulisan, bisa menjadi insight baru bagi pembacanya.

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Selain sekedar cuma buat curhat ataupun menyampaikan ide-ide terhadap suatu hal, blog bisa banget dijadikan sarana berbagi ilmu pengetahuan. Tak peduli ilmu apapun itu, entah ilmu pengetahuan umum, ilmu-ilmu yang berkaitan kehidupan sehari-hari, bahkan skripsi dari hasil perkuliahan kita tak ada salahnya dibagikan melalui blog.

Seorang guru misalnya, bisa saja materi bahan ajar dipublikasikan melalui blog, agar dapat diakses oleh siswa-siswi yang diajarkan. Ilmu pengetahuan apapun itu, entah jurnal penelitian, ilmu pengetahuan umum, bahkan skripsi dari kuliah tak ada salahnya dibagikan melalui blog!

Siapa tau, ilmu yang dibagikan bisa bermanfaat bagi para pembaca lainnya. Ingat, bukankah berbagi ilmu yang kemudian ilmu tersebut dimanfaatkan oleh orang banyak bisa menjadi amal jariah buat Anda, bukan?

Menambah Relasi

Dengan memiliki blog, secara tidak langsung Anda akan memperluas pertemanan Anda di dunia maya. Memang tidak ada komunikasi langsung layaknya di sosial media. Dengan meninggalkan komentar di sahabat blogger lainnya, itu sudah termasuk usaha menambah relasi di dunia maya. Belum lagi jika sahabat-sahabat lain berkomentar pula di blog kita, terjadilah interaksi sahut-menyahut di kolom komentar, dan terbentuklah pertemanan baru. Aktivitas tersebut sering disebut sebagai blog walking.

Apalagi jika kalian mencantumkan kontak pribadi yang bisa dihubungi. Jangan heran jika ada pembaca yang menghubungi kita. Entah hanya sekedar memberi apresiasi terhadap tulisan kita, atau bertanya terkait tulisan yang kita buat.

Membangun Personal Branding

Jangan salah kira, dengan memiliki blog bisa menjadi sarana bagi penulisnya untuk membangun Personal Branding. Bagaimana tidak, sebagian besar tulisan kita akan menggambarkan tentang si penulisnya.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki interest tentang traveling, bisa jadi tulisan-tulisan Anda membahas seputar traveling. Kemudian orang-orang pada tahu mengenai diri Anda, "Wihh Mas Bedul ternyata paham betul tentang traveling keliling dunia. Tulisan di blognya berkualitas banget, bisa membahas tips & trik seputar traveling di penjuru dunia." Keren, bukan?

***

Itulah tadi 5 Alasan Mengapa  Harus Memiliki Blog. Memang, aktivitas menulis blog terkadang menyita waktu yang cukup banyak, apalagi ditengah-tengah kesibukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Namun, kalau udah enjoy, sesibuk apapun pasti akan disempatkan untuk menulis sepatah-dua patah di blog kesayangan kita.

Apakah membuat blog itu susah? Jawabannya tentu saja mudah sekali! Kalau Anda punya akun Google (aku yakin most of you pasti punya akun Google), tinggal mengaktifkan blognya di situs blogger.com, atau bisa coba-coba ke wordpress kalau mau mempelajari lebih lanjut terkait kustomisasi blog, terutama di bidang SEO-nya. Pembuatannya yang mudah dan gratis. Tinggal membangun niat unuk mengisi konten di blog kita. So, tertarik untuk memiliki blog juga?

Posting Komentar

ads
avatar
Admin THE-Mangcoy Online
Welcome to THE-Mangcoy theme