Senin, 26 Desember 2022

4 Distro Linux Terbaik Untuk Pemula

Di dunia desktop komputer, sistem operasi Linux nampaknya kurang diminati oleh pengguna PC. Padahal kalau diperhatikan lebih lanjut, sebenarnya sistem operasi Linux hadir di sebagian besar aspek kehidupan kita. Contohnya saja Android, sistem operasi smartphone tersebut sebenarnya based on Linux kernel yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Kurangnya peminat Linux di segmen PC boleh jadi disebabkan karena stigma masyarakat yang menganggap Linux kental dengan sarat "sistem operasinya hacker", tidak user-friendly, dan sulit digunakan. Padahal kenyataannya, dewasa kini Linux semakin mudah digunakan, bahkan mampu menggantikan sistem operasi Windows yang biasa kita gunakan karena support hardware maupun software-nya semakin baik. (Baca juga: 3 Alasan Mengapa Aku Memilih Linux).

Nah, pada artikel ini Mangcoy akan memberikan empat rekomendasi distro Linux terbaik cocok bagi pemula, yang menginginkan pengalaman OS Linux yang out of the box, tanpa perlu setting ini itu. Apa sajakah keempat distro linux tersebut?

Ubuntu (ubuntu.com)

Kalau berbicara sistem operasi Linux untuk pemula, Ubuntu selalu menjadi pilihan terbaik untuk yang baru saja ingin nyemplung di dunia Linux. Dari segi tampilan memang Ubuntu tak "mirip" dengan Windows, sehingga perlu penyesuaian lagi bagi Anda yang terbiasa menggunakan sistem operasi Windows. Yang bikin Ubuntu ramah terhadap newbie adalah support terhadap hardware yang sangat luas, sehingga kecil kemungkinan terjadi crash di sistemnya ataupun mesti melakukan tweaking lebih lanjut di Terminal yang disebabkan karena masalah kompabilitas hardware tadi. Belum lagi komunitas Ubuntu yang sangat besar. Bahkan, sebagian besar tutorial troubleshooting Linux di jagat internet mayoritas diperuntukan untuk Ubuntu.

Screenshot Ubuntu "Jammy Jellyfish" 22.04 LTS

Ubuntu sendiri memiliki berbagai "rasa", kalau tidak suka dengan Desktop Environment (DE) Gnome bawaan Ubuntu, bisa cobain Kubuntu (Ubuntu dengan DE KDE) yang mana tampilannya mirip-mirip Windows. Mau versi ringannya? Ada Xubuntu (XFCE) dan Lubuntu (LXDE/LXQT).

Linux Mint

Linux Mint menjadi pilihan kedua rekomendasi Mangcoy untuk Distro Linux Terbaik bagi Pemula. Tampilan Linux Mint yang memiliki taskbar dan ala-ala "Start Menu" di sudut kiri bawah yang mengingatkan kita dengan tampilan Windows 10, sehingga Anda bakal cepat beradaptasi dengan tampilannya.

Sebenarnya Linux Mint basisnya dari Ubuntu, sehingga segala tutorial yang diperuntukan Ubuntu bisa diaplikasikan di Linux Mint. Layaknya Ubuntu, Linux Mint memiliki berbagai macam flavour, yaitu Linux Mint Cinnamon, MATE, dan Xfce. Mana yang lebih baik? Kalau mau ngejar performa, Xfce yang paling ringan dari ketiganya. Tetapi jika ingin merasakan pengalaman full feature dari Linux Mint, cobalah yang versi Cinnamon-nya.

Linux Mint Cinnamon 21.1 "Vera"

Pop!_OS

Jika Anda berjiwa kreatif dan menginginkan pengalaman komputasi Linux yang penuh warna, Pop!_OS bisa jadi cocok buat Anda. Pop!_OS lagi-lagi based on Ubuntu, sehingga sangat mudah digunakan dan kompabilitas yang out of the box. Meskipun Pop!_OS dan Ubuntu sama-sama menggunakan Desktop Environment GNOME, namun tampilan Pop!_OS dibuat didesain menjadi cantik sedemikian rupa, sehingga tampil lebih fresh dan penuh dengan warna.

Pop!_OS 22.04 LTS



Fedora

Kalau ketiga distro Linux sebelumnya turunan dari Linux Debian, sedangkan Fedora merupakan upstream dari Red Hat Enterprise Linux. Ya, bagi Anda yang ingin nyobain sensasi Linux Red Hat yang sering digunakan di sistem server namun noob-friendly, Fedora boleh dicoba.

Fedora Workstation 37

Fedora sendiri menggunakan Desktop Environment GNOME Vanilla. Artinya apa? Artinya DE GNOME tersebut tidak disentuh sedikitpun oleh developer sehingga pengguna perlu melakukan tweaking lebih lanjut agar nyaman digunakan. Contohnya saja absennya tombol minimize dan maximize di window-nya.

***

Itulah tadi rekomendasi 4 Distro Linux Terbaik Untuk Pemula versi Mangcoy. Apakah kalian tertarik untuk nyobain Linux? Atau ada rekomendasi distro Linux lain yang juga ramah terhadap pemula? Let me know in the comment below (:

1 comments:

ads
avatar
Admin THE-Mangcoy Online
Welcome to THE-Mangcoy theme