Rabu, 13 Maret 2024

Menjadi Software Developer? Siapa Takut!

Halo semua para pembaca setia themangcoy.com! Akhirnya aku kembali ke blog kesayangan ini semenjak setahun lebih hiatus dari dunia tulis-menulis. Ada rasa rindu bergejolak di hati untuk nulis kembali, namun sayang berkat kesibukan urusan duniawi yang rasanya sulit sekali buat spare waktu untuk mengisi konten di blog kesayangan kita ini.

Ngomong-ngomong tentang “kesibukan”, pada kesempatan ini aku akan bercerita sedikit tentang kesibukan Mangcoy sehari-hari. Alhamdulillah sudah setahun lebih ini aku telah resmi menjadi “budak korporat” hehe… Terdengar sadis bukan? Namun menjadi budak tidak terdengar seseram itu kalau yang dikerjakan adalah suatu hal yang kita gemari — apalagi kalau bayarannya juga menggiurkan #ups.

Kalau boleh jujur, memang sejak kecil dahulu aku suka banget dengan yang namanya dunia teknologi dan komputer. Mulai dari betapa excited-nya melihat buku-buku dan majalah-majalah tentang teknologi dan komputer,  rela duduk berjam-jam di depan komputer guna belajar hal-hal baru di perangkat elektronik canggih tersebut, hingga sering kali dimarahi bapak karena berulang kali aku bikin komputer pribadinya error akibat keisengan hobi mengotak-atik dulu. Dikarenakan kecintaanku di bidang tersebutlah yang buat aku menetetapkan cita-citaku untuk menjadi seorang engineer yang handal di bidang teknologi dan komputer.

Meeting My First Love... With ‘Software Development’

Aku dulu kuliah sarjana mengambil jurusan Teknik Elektro, yang mana tidak terlalu banyak menyinggung tentang komputer layaknya jurusan-jurusan kuliah yang fokusnya ke ilmu komputer. Meskipun demikian, aku beruntung sekali dipertemukan dengan seorang dosen yang menurutku sangat keren. Keren yang bagaimana? Bisa dibilang beliau adalah dosen yang paling inovatif ketimbang dosen-dosen yang lain. Ya, beliau memiliki bisnis kecil-kecilan yang bergerak di bidang IT, yang mana tenaga kerjanya ialah mahasiswa-mahasiswa di kampus tempat aku kuliah. Meskipun beliau seorang dosen Teknik Elektro, sayangnya tak ada satupun mahasiswa Teknik Elektro yang bergabung menjadi timnya. Bukannya tak ada yang mau bergabung dengan tim ini, boleh jadi memang belum ada mahasiswa Teknik Elektro yang bisa komitmen buat gabung di sini. Meskipun demikian beliau tak lekas menyerah untuk merekrut tenaga ahli dari jurusan yang beliau ampu, dengan membentuk komunitas belajar IT dan programming yang disebut sebagai Club IT.

Apakah aku ikutan? Tentu saja dong! Komunitas yang sesuai dengan passion-ku dan boleh jadi membuka gerbang karir menjadi seorang software developer. Dari situ aku bertemu dengan dua orang yang menurutku tak kalah kerennya. Sebut saja mereka Mister A dan Mister M. Dari pertemuan inilah selanjutnya boleh jadi kami dikenal sebagai tiga serangkai “ahli IT” yang dikenang oleh seantero Jurusan Teknik Elektro, baik dari dosen maupun mahasiswa pada saat itu.

Everyone Should Be Capable To Be A Software Developer

Aku ingat betul sebelum bergabung menjadi tim dosenku tersebut, aku tak memiliki basic coding sama sekali. Memang sebelumnya aku bisa dibilang seorang yang cukup "tech savvy". Namun sebutan tersebut sekedar sebatas ngoprek-ngoprek komputer doang, tidak sampai menyentuh ke ranah programming.

Kalau dulu gak ada basic programming sama sekali, kok jadinya bisa, bahkan bisa berkarir di bidang programming? Musim libur semester ganjil di tahun 2015 lalu boleh jadi sebagai salah satu momen yang paling bersejarah dalam hidupku, karena pada waktu itu aku dedikasikan libur semester satu bulan full buat belajar coding, yang mana dulu aku mempelajari bahasa pemrograman PHP dengan teknologi CodeIgniter 2. Sulit? Ya, pasti sulit. Namun seiring berjalannya waktu, dengan penuh lika-liku semangat mengerjakan project dosen sembari menjalankan pelajaran di kampus lama-kelamaan akhirnya menjadi bisa. Hard, but doable.

Where should I start? Mungkin kita bertanya-tanya mesti mulai darimana sih jika kita ingin belajar tentang software development atau memulai karir sebagai software developer? Apalagi sebelumnya kita tidak memiliki basic programming sama sekali. So, what should I do?

  • Tentukan Tujuan Bidang yang Ingin Dicapai

    Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai journey sebagai software developer adalah menentukan tujuan yang mesti dicapai. Ya, kalau ditilik lebih lanjut sebenarnya istilah software developer itu luas banget, dan banyak percabangan dari software developer tersebut yang masing-masing mempunyai tujuan tersendiri. Entah tujuannya mau ke web developer, mobile developer, machine learning, dsb.

  • Komitmen

    Selain memiliki tujuan, ada baiknya kita berkomitmen ke diri sendiri untuk menggapai tujuan yang ingin kita gapai tersebut, yaitu menjadi seorang software developer. Buang jauh-jauh mindset “Wah bakal sulit nih!”, “Aku gak akan bisa!”. Yakinkan ke dirimu bahwa “Aku pasti bisa!”

    Biar kita makin mantap berkomitmen, ada baiknya tentukan project pribadi yang ingin kita bangun yang berhubungan dengan software development. Misal, ingin punya web marketplace buatan sendiri, aplikasi pengingat agenda berbasis mobile, dan masih banyak contoh lainnya. Dengan adanya project tersebut, seolah-olah memberikan booster semangat untuk tetap konsisten belajar, dan juga lebih memperjelas tujuan yang telah kita tentukan sebelumnya.

  • Belajar

    Keinginan dan komitmen tak ada gunanya jika tidak dibarengi dengan usaha. Apa usahanya? Ya, belajar. Tak ada yang instan di dunia ini, semuanya butuh proses. Seseorang profesional pun pasti pernah mengalami proses belajar. And I’ve been at that stage too.

    Belajar coding gak perlu mesti duduk di bangku kuliah terlebih dahulu. Sudah banyak materi pembelajaran buat coding yang bisa kita peroleh, terutama dari jejaring internet. Mulai dari artikel, documentation, bahkan video tutorial baik yang berbayar maupun yang gratisan bisa diperoleh dengan mudah. Mau yang lebih intensif? Ikut kelas coding dong, seperti bootcamp misalnya.

  • Sertifikasi

    Media pembelajaran dewasa ini memang mudah diperoleh dari mana saja. Namun agar ilmu yang didapat lebih afdal, ada baiknya memiliki sertifikat penunjang yang berkaitan dengan ilmu software development yang kita pelajari. Tak hanya itu, sertifikat juga turut membantu agar menjadi daya tarik untuk perekrut buat merekrut kita menjadi software developer di perusahaannya.

    Dimana bisa mengklaim sertifikat tersebut? Kalau kalian ikut kelas biasanya sudah include dengan sertifikatnya. Atau yang mesti keluar effort sedikit dengan mengikuti tes-tes sertifikasi di lembaga yang menyediakan sertifikasi  tersebut.

***

Nah, berbicara tentang menjadi software developer yang handal, aku ada info beasiswa belajar coding secara gratis yang menurutku recommended banget, yaitu beasiswa belajar coding fullstack KodeBisat dari DevHandal.id yang terbuka untuk mahasiswa dan umum. KodeBisat merupakan hasil kerjasama CODEPOLITAN (Codepolitan.com) dan Alibaba Cloud (Alibabacloud.com) yang memberikan beasiswa belajar fullstack. Tidak hanya itu, yang menariknya kita diberikan dua pilihan bahasa pemrograman, yaitu PHP dengan teknologi Laravel atau Javascript dengan teknologi MEVN stack (MongoDB, Express.js, Vue.js, Node.js). Jangan salah, kedua teknologi tersebut sedang naik daun banget di dunia industri IT. Sehingga, apapun pilihan teknologinya, kamu bakal dapat ilmu coding yang diincar oleh perusahaan.

Tidak hanya sebatas belajar coding saja, masing-masing dari kita bakal dapat semacam virtual server dari AlibabaCloud secara gratis. Virtual server, atau mereka menyebutnya Elastic Compute Service, turut menjadi penunjang pembelajaran yang sangat bagus. Sehingga tak hanya kita mempelajari cara coding-nya, melainkan mengetahui cara deploy aplikasi buatan kita tersebut dan melihat bagaimana cara web server bekerja melayani permintaan dari client.

Pendaftaran beasiswa KodeBisat berlangsung hingga 18 Maret 2024. Memang sih kalau dihitung-hitung aku ngeposting-nya agak telat hehee. Kalaupun programnya udah gak ada lagi, kalian tetap bias pantengin web Codepolitan.com. Disana banyak kelas-kelas daring yang tentunya sangat bagus menjadi penunjang cita-cita kalian menjadi seorang developer yang handal. Pantengin juga di webnya, biasanya bakal sering memberikan beasiswa-beasiswa kelas yang tak kalah menariknya. Ssst, sering ngasih giveaway juga loh, hehee...

Posting Komentar

ads
avatar
Admin THE-Mangcoy Online
Welcome to THE-Mangcoy theme